Cara Merawat Tanaman Di Halaman Rumah

Memiliki taman di halaman rumah merupakan suatu yang indah bukan? Tentunya jika ingin memiliki  taman yang indah dihalaman rumah anda, Anda harus merawat tanaman agar tanaman tumbuh dengan baik. Merawat tanaman tidak boleh asal karena akan berpengaruh terhadap proses pertumbuhan tanaman, Ada beberapa teknik yang harus diperhatikan untuk merawat tanaman.


Menyiram Tanaman


Menyiram tanaman sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan sore hari hal ini perlu dilakukan karena agar tanaman memiliki cadangan air pada siang hari. Karena pada siang hari tanaman langsung terkena sinar matahari yang membuat banyaknya air yang menguap menjadi uap air karena akibat interaksi langsung dengan matahari.

Cadangan air pada tanaman akan cepat habis apabila tidak dilakukan penyiraman yang rutin. Usahakan agar air tidak menggenangi tanah saat meyiram tanaman yang dapat menutupi jalur oksigen dan bikin tanaman cepat rusak.


Memberikan Pencahayaan 


Pada umumnya tanaman membutuhkan paparan sinar matahari selama 3-4 jam setiap harinya agar dapat tumbuh dengan baik. Tidak semua jenis tanaman bisa tumbuh dengan baik di tempat yang kurang cahayanya. Beberapa tanaman tertentu butuh cahaya matahari yang cukup untuk bisa melakukan fotosintesis. Oleh sebab itu, tingkat pencahayaan sinar matahari begitu penting bagi tanaman seperti ini.


Memberi Pupuk Pada Tanaman 


Memberi pupuk pada tanaman merupakan hal yang sangat diperlukan dan harus diperhatikan karena mempunyai peran penting dalam membantu menjaga kesuburan tanah sehingga tanaman hias dan bunga bisa tumbuh dengan baik dan subur. Lakukan pemupukan secara rutin dan teratur.

Sebaiknya anda menambahkan pupuk pada saat pupuk sudah mulai hilang karena larut bersama air ketika anda melakukan penyiraman. Sebaiknya menggunakan Pupuk alami seperti hal nya kotoran dan kompos sangat dibutuhkan pada masa pertumbuhan tanaman.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk menambahkan pupuk alami ke dalam tanah. Sebelum melakukannya, akan lebih baik jika anda konsultasikan terlebih dahulu dengan orang yang memberikan bibit tanaman.


 Memberi Pembasmi Serangga


Memberi pestisida atau pembasmi serangga merupakan hal yang penting karena tanaman dan bunga bisa menarik perhatian hama dan serangga. Meskipun kehadiran serangga dibutuhkan, akan tetapi hal itu tidaklah baik jika mereka tidak membantu proses penyerbukan dan malah merusak tanaman. Jauhkan tanaman dari mereka, dan jika perlu beri mereka pembasmi hama dan serangga.


Menggunakan Pot Untuk Tanaman 


Menggunakan pot untuk tanaman harus disesuaikan dengan ukuran tanaman agar sesuai dengan ukuran pot yang akan digunakan, Selain menggunakan pot bisa juga tanaman langsung ditanam di tanah apabila ukuran tanaman memiliki ukuran yang besar.

Penggunaan pot bisa mempermudah dalam proses perawatan tanaman, serta bikin taman jadi tampak lebih rapi dan cantik.

Mengganti pot untuk tanaman juga harus dilakukan secara rutin paling cepat 3 sampai 4 bulan sekali untuk menjaga kesuburan bunga atau pun tanaman anda. Dengan bertumbuh besarnya tumbuhan anda juga harus mengganti ukuran pot agar sesuai dengan ukuran tanaman.

Perhatikan juga lubang sirkulasi pada pot untuk mencegah  air yang menggenang pada saat penyiraman tanaman, Apabila lubang sirkulasi pada pot tidak ada atau tersumbat akan berpengaruh pada proses pertumbuhan pada tanaman anda.

Memotong Tanaman Liar


Memotong ilalang atau rumput liar yang mengganggu di sekitar tanaman supaya tanaman di taman  dapat tumbuh dengan baik dan rapih. Rapikan juga ranting-rantingnya, terutama jika cukup mengganggu. 


 Membersihkan Area Taman


Agar taman anda selalu terlihat indah dan rapi harus bersihkan daun tanaman yang berserakan di area taman, Selain itu bersihkan juga sampah-sampah di area taman karena dapat mencegah tanaman dari debu dan rumput liar.


Kunjungi juga :

Quotes : https://quotesharianbergambar.blogspot.com/

Website Griya Satria : https://www.griyasatria.co.id/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Merawat Pagar Besi Rumah dari Karat

Tips Membuat Taman Bermain Anak di Rumah

Tips Memilih Warna Cat Kusen dan Jendela