Mempunyai Taman Dengan Lahan Yang Terbatas

Setiap orang yang memiliki sebuah rumah tentunya ingin rumahnya terlihat rapih, bersih, dan indah.
Memiliki sebuah taman bisa dijadikan sebuah solusi agar rumah memiliki pemandangan yang indah.
Untuk pemilik rumah yang ingin mempunyai sebuah taman dirumahnya tetapi hanya mempunyai lahan yang terbatas, Mungkin beberapa tips ini bisa jadi solusi.


Mengukur Dan Menentukan Lahan 

Mengukur dan menentukan lahan untuk membuat sebuah taman merupakan hal yang penting, Karena dapat mempengaruhi konsep atau tema taman dan jenis tanaman yang harus ditampilkan.


Taman teras depan rumah


 Taman halaman belakang rumah

Untuk penempatan sebuah taman disesuaikan dengan selera pemilik rumah, Taman bisa di Tempatkan di teras depan rumah atau di halaman belakang rumah.Untuk penempatan taman yang paling bagus dapat diletakkan di teras depan rumah.


Taman vertical

Bisa juga memanfaatkan dinding di halaman depan atau samping rumah Anda.


Menentukan Tema Untuk Taman

Untuk menentukan tema untuk taman di rumah Anda, Sesuaikan dengan tema yang di sukai atau sebaiknya sesuaikan dengan tema keseluruhan rumah Anda. Jika tema atau konsep dari taman berbeda jauh dengan tema tempat hunian kita akan memberikan kesan yang kurang menarik.

Terdapat beberapa jenis tema yang bisa anda pilih seperti tema taman klasik, tema taman tradisional, tema taman modern, tema taman tropis, tema taman yang lain-lain. Semua konsep taman bisa diterapkan di lahan yang luas maupun sempit, Tentunya harus diperhatikan pada saat memilih tanaman dan tata cara meletakkan tanamannya. Dengan memperhatikan dua hal tersebut penerapan tema untuk taman akan lebih mudah untuk diterapkan.

Tema taman klasik

Izin dulu ya kalau mau copy artikelnya ^^

Continue reading at https://hamparan.net/desain-taman-minimalis/ | Hamparan
Izin dulu ya kalau mau copy artikelnya ^^

Continue reading at https://hamparan.net/desain-taman-minimalis/ | Hamparan
Izin dulu ya kalau mau copy artikelnya ^^

Continue reading at https://hamparan.net/desain-taman-minimalis/ | Hamparan
Izin dulu ya kalau mau copy artikelnya ^^

Continue reading at https://hamparan.net/desain-taman-minimalis/ | Hamparan
Izin dulu ya kalau mau copy artikelnya ^^

Continue reading at https://hamparan.net/desain-taman-minimalis/ | Hamparan
Taman Klasik konsepnya sangat berbeda dengan taman minimalis, taman klasik lebih cenderung menampilkan tanaman campuran, rapi dan teratur, intinya bisa memakai tanaman semak semak atau tanaman yang bisa di pangkas , dan bisa di tambah ornament seperti patung dan batu batuan atau tebing, relief 3 dimensi, untuk pembuatan taman klasik hindarilah bentuk kotak dan kaku.


Tema taman tradisional bali

Konsep taman dengan tema tradisional merupakan suatu taman yang berasal dari budaya dan adat istiadat indonesia, Etnik yang bersifat tradisional atau taman dalam konteks keseluruhan lam lingkungan sekitarnya bersifat natural atau alami. Menentukan konsep tema taman tradisional  disesuaikan dengan selera pemilik rumah atau juga bisa disesuaikan dengan daerah tempat tinggal.

Konsep taman bali sangat dipengaruhi iklim tropis yang memberikan kesan alami dan tidak teratur. Warna taman ini didominasi oleh warna hijau dengan aksen merah, jingga, kuning, dan putih yang umumnya dihadirkan oleh bunga kembang sepatu atau kamboja. Kedua tanaman tersebut merupakan ciri khas dari taman gaya bali 


Tema taman modern

Taman jenis modern ini tergolong jenis taman yang sangat populer dan berkelas. Secara karakteristik pola taman ini lebih bersifat elegan dengan gaya eksposnya yang memberi sentuhan-sentuhan karakter dan warna yang eksotik, baik dari jenis tanaman ikon atau pun tanaman perdu dan background yang diterapkan.



 Tema taman tropis

Desain taman tropis menjadi jenis taman yang pas jika dihadirkan pada hunian yang berada di wilayah beriklim tropis seperti Indonesia. Karena itu, gaya taman tropis ini banyak kita jumpai diterapkan di Indonesia. 

Taman tropis tersusun dari aneka jenis tanaman, mulai dari pohon, semak, bunga tropis hingga rerumputan, yang tahan terhadap panas matahari dan curah hujan yang intens. Tanaman yang juga dinamai sebagai tanaman tropis ini sengaja dibiarkan tumbuh rimbun sehingga menyerupai tampilan hutan tropis.


Memilih Jenis Tanaman 


Memilih jenis tanaman tidak boleh asal karena dapat mempengaruhi konsep tema untuk taman dan akan memberikan kesan yang kurang menarik pada hasil akhirnya nanti. Menentukan ukuran tanaman yang sesuai dengan konsep dan sesuaikan juga dengan ukuran lahan yang akan dijadikan untuk taman


 Memberikan saluran air/Drainase


Memberikan saluran air untuk tanaman merupakan hal yang penting, karena fungsi saluran air untuk mengatur dan menyerap kelebihan air untuk mencegah air yang menggenang. Memiliki saluran air yang bagus akan memberikan hasil yang baik dan subur pada tanaman ditaman.

Kondisi tanah juga akan mempengaruhi hasil tanaman, Memiliki tanah yang bagus akan memberikan kemudahan untuk pertumbuhan tanaman dalam kondisi yang normal. Tanah yang kuran bagus akan mempersulit tanaman untuk tumbuh dengan baik.


Memberikan pencahayaan 


Memberikan pencahayaan pada tanaman merupakan hal yang penting, Terutatama cahaya matahari. Cahaya matahari akan membantu proses pertumbuhan tanaman, Selain cahaya matahari pencahayaan untuk malam hari bisa menggunakan lampu taman agar taman terlihat indah dan memukau saat dilihat dari dekat maupun dari jarak jauh.


Kunjungi juga :

Quotes : https://griyasatriapwt2.blogspot.com/

Website Griya Satria : https://www.griyasatria.co.id/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Merawat Pagar Besi Rumah dari Karat

Tips Membuat Taman Bermain Anak di Rumah

Tips Memilih Warna Cat Kusen dan Jendela