Ini Area Rumah yang Tak Perlu Sering Dibersihkan

  Ketika membersihkan rumah, seringkali Anda ingin menjangkau semua sudut rumah yang ada. Tentu hal ini akan menyita waktu serta tenaga Anda. Tak jarang hal inia kan membuat Anda merasa malas untuk mengawali bersih-bersih rumah.

Nah, bagi Anda yang sibuk, sebenarnya kegiatan bersih-bersih rumah tak perlu dilakukan dnegan menjangkau semua bagian ruangan. Ada beberapa area yang bisa Anda lewatkan dan hanya membersihkannya secara berkala saja.

Berikut ini ada beberapa contoh area rumah yang tak perlu sering dibersihkan, yaitu :
  • Watertorrent
Bak penampung air yang biasanya diletakkan di atap rumah ini memang tak perlu dibersihkan setiap saat. Asalkan sumber air yang diambil cukup bersih, watertoren tidak akan cepat kotor.
Anda boleh membersihkannya tiga bulan sekali, karena saat itu endapan air tanah akan menempel pada dasar dan dinding toren. Jika tak dibersihkan, air yang Anda pakai untuk mandi dan mencuci menjadi keruh dan kotor.
  • Talang air
Bila lokasi rumah Anda jarang diterpa hujan angin dan di dekat atap rumah tidak ada pohon yang sangat rindang, talang air jarang sekali kotor.
Minimal Anda mengecek keadaannya setiap bulan untuk memastikan tak ada sumbatan atau kotoran yang menempel di talang. Jika memang talang lebih sering bersihnya, Anda cukup membersihkannya setiap 2-3 bulan sekali. Pastikan pula talang tak berlumut atau ditumbuhi tanaman liar.
  • Furnitur outdoor di teras belakang
Bila Anda menggunakan kursi kayu outdoor untuk furnitur di teras belakang, Anda tak perlu selalu membersihkannya setiap hari.
Masukkan saja jok atau bantal kursinya saat sedang tak dipakai, dan bersihkan kursi serta meja kayu tersebut 1-2 bulan sekali. Caranya pun mudah, ambil lap yang sudah direndam air hangat lalu basuh noda yang menempel di kursi kayu tersebut. Setelah itu, bilas dengan air dingin dan keringkan kursi Anda.
  • Tirai jendela
Anda baru mencuci tirai jendela saat menjelang hari raya atau tahun baru? Tak masalah! Terutama jika Anda membersihkan lantai rumah setiap hari sehingga kotoran yang ada tak menempel di tirai jendela Anda.
Saat hendak mencuci tirai, jangan lupa untuk mencuci juga tirai tipis berwarna putih yang melapisi tirai utama, dan bersihkan palang penahan tirai di bagian atas jendela dengan lap bersih. Bila palang tirai terbuat dari kuningan, bersihkan dengan detergen agar lebih mengilap.
  • Pengering di mesin cuci
Cek kondisi mesin pengering pada mesin cuci Anda setiap 2-3 bulan, pastikan tak ada kotoran dari pakaian atau serat kain yang menumpuk di dalamnya.
Bersihkan pula penyaring air di mesin cuci Anda, dan setiap 2 bulan, putar mesin cuci dengan hanya air di dalamnya (tanpa pakaian) untuk membersihkan sisa sabun yang menempel di dinding mesin.
  • Kanopi
Bersihkan kanopi carport dengan cara menyiramnya dengan selang air lalu keringkan dengan karet pembersih lantai bergagang panjang.
Hal ini juga untuk mencegah kanopi berjamur yang akan membuatnya menjadi kusam dan kotor. Membersihkan kanopi boleh dilakukan maksimal 6 bulan sekali.
  • Kaca jendela dan teralis
Untuk kaca jendela bagian dalam rumah dan teralisnya, Anda harus membersihkannya setiap bulan agar tak tertumpuk debu. Namun, kaca jendela bagian luar boleh Anda bersihkan 3-4 bulan sekali.


Kunjungi juga :

Quotes : https://griyasatriapwt2.blogspot.com/

Website Griya Satria : https://www.griyasatria.co.id/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Merawat Pagar Besi Rumah dari Karat

Tips Membuat Taman Bermain Anak di Rumah

Tips Memilih Warna Cat Kusen dan Jendela