Lima Bagian Dapur yang Wajib Bersih

Dapur menjadi tempat yang paling rentan kotor. Dengan aktivitas memasak dan menyiapkan hidangan yang meninggalkan sisa makanan dan noda, membuat ruangan ini pun tak pernah luput dari kotor. Untuk itu, area dapur pun menjadi ruangan yang mutlak harus rutin dibersihkan.

Berikut lima titik utama di dapur yang harus Anda perhatikan kebersihannya, yaitu :



1. Jendela
Bukan hanya meja dapur atau counter top  yang terciprat, kadang jendela dapur juga terkotori oleh tangan-tangan anak ataupun binatang peliharaan. Sempatkan untuk membersihkan kaca jendela dapur dengan lap basah atau dengan sedikit tambahan sabun cuci piring.

2. Permukaan kabinet
Proses pengolahan bahan makanan sering meninggalkan tetes-tetes makanan atau minuman pada permukaan meja kabinet dapur. Bersihkan sebelum menjadi kerak yang membandel dan lebih sulit dihilangkan.


3. Lekukan kabinet dapur
Kabinet dapur umumnya memiliki lekukan-lekukan pada permukaan pintu atau bagian tepinya. Lekukan ini sering menjadi tempat menumpuknya debu. Bersihkan debu-debu tersebut agar tidak beterbangan dan mengotori makanan Anda.

4. Oven listrik
Salah satu peralatan masak yang sering terlupakan untuk dibersihkan adalah oven listrik atau microwave. Ketika digunakan, tak jarang bagian dalam microwave terkotori oleh cipratan makanan yang dihangatkan di dalamnya.

Anda bisa gunakan campuran air dan sabun pembersih yang dihangatkan hingga menguap di dalam microwave, untuk melunturkan noda dan kerak yang menempel.

5. Pintu lemari es
Setiap harinya, hampir seluruh anggota keluarga menyentuh atau memegang pegangan pintu lemari es untuk membukanya. Baik dengan tangan yang bersih ataupun kotor, pegangan pintu lemari es lama kelamaan akan kotor. Bersihkan secara berkala agar bagian tersebut tidak menjadi tempat berkembangnya kuman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Merawat Pagar Besi Rumah dari Karat

Tips Membuat Taman Bermain Anak di Rumah

Tips Memilih Warna Cat Kusen dan Jendela